Wawali Mor Sentil Perjalanan Dinas Kepala SKPD

Jumat, 14 Oktober 2016 11:32 WITA
Wawali Mor Sentil Perjalanan Dinas Kepala SKPD
Tribun Manado
Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan 

BAGHUMASPRO - 'Perjalanan dinas jangan jadikan seperti kegiatan arisan'. Ucapan ini dilontarkan Wakil Wali Kota Manado, Mor Dominus Bastiaan, saat membuka rapat Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) Pemerintah Kota Manado tahun 2016, di ruang serbaguna Pemkot Manado, Rabu (12/10).

Mor merasa heran sebab banyak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengajukan permohonan perjalanan dinas kepada dirinya karena alasan belum kebagian. Sementara anggaran pemerintah untuk biaya belanja semakin menipis.

"Tolong Bapak Marnasar (Kaban Keuangan) tahan dulu kegiatan seperti ini. Pertimbangkan apakah penting atau tidak, jangan sampai menghamburkan anggaran tidak tepat," kata Mor.

Wawali meminta Kepala SKPD wajib tertib anggaran, sehingga rencana pembentukan Organisasi Perangkat Daerah, terlaksana maksimal.

Tambah Mor, apalagi banyak Kepala SKPD tidak menguasai penyusunan anggaran dan program kerja yang tepat. "Batasi perjalanan dinas, jangan buat itu seperti arisan bergilir. Saya curiga laporan anggaran hanya copy paste dan tidak dibuat oleh Kepala SKPD," kata Mor menyinggung.

Sementara itu Ketua Tim EPRA Kaban Keuangan Pemkot Manado, Marnasar Panjaitan, menjelaskan selama ini mereka diminta oleh Kementerian Keuangan untuk melaporkan anggaran yang masuk dan keluar.

Selain itu mereka meminta agar Badan Keuangan melaporkan berapa besar kebutuhan belanja pemerintah kota. "Kita punya tanggung jawab melaporkan,"kata Panjaitan.

Bagi dia perjalanan dinas bukanlah segerombolan sirkus yang menghabiskan anggaran, tapi jika diminta dan wajib laksana dan tidak bisa dihalangi.

Pemerintah harus melihat nilai positifnya, kalau hanya beralasan membawa surat, dan mengajak kawanan pegawai untuk berleha-leha di daerah lain tidak akan diberikan izin.

"Saat ini angka perjalanan dan belanja dinas realisasinya ada pada kisaran Rp 54 miliar," kata dia, jika dievaluasi ulang pada OPD perubahan akan banyak yang berkurang dan lebih hemat. 

Editor: Advertorial
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
4055 articles 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2018
Atas