Raih Nilai B dari Pusat, Ini Komponen Penilaian yang Diterima Pemkot Manado

Selasa, 9 Februari 2016 12:05 WITA
Raih Nilai B dari Pusat, Ini Komponen Penilaian yang Diterima Pemkot Manado
ISTIMEWA
Penjabat Wali Kota Manado Royke Roring Terima Penghargaan dari Menpan-RB 

BAGHUMASPRO – Prestasi yang diraih Pemkot Manado berupa nilai B dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2015 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) merupakan sesuatu yang membanggakan.

Namun, di balik itu semua, tentu menarik mencermati komponen penilaian yang diberikan pemerintah pusat tersebut.

Dalam penjelasan yang diberikan Kemenpan-RB saat penyerahan penghargaan di Gedung Grahadi Pemprov Jawa Timur, Surabaya, Jumat (5/2/2016), penilaian itu terdiri dari berbagai macam komponen.

Pertama, pengukuran kinerja. Kedua, capaian kinerja. Ketiga, perencanaan kinerja. Keempat, pelaporan kinerja. Kelima, evaluasi internal.

Dalam catatan Kemenpan-RB tersebut, Pemkot Manado setidaknya meraih peningkatan signifikan di dua komponen, yakni pengukuran kinerja dan capaian kinerja.

Pengukuran kinerja tercatat naik 2,67 poin dari sebelumnya 14,34 menjadi 17,01, sementara capaian kinerja naik 1,25 poin dari 10,85 menjadi 12,10.

Selain itu, Kemenpan-RB juga menyampaikan penilaian total keseluruhan komponen. Pemkot Manado dalam hal ini mendapat poin sebesar 68,61.

Jika dibandingkan tahun 2014, terdapat peningkatan sebesar 0,72 poin. Pada tahun tersebut Pemkot Manado mendapat 67,89 poin.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, nilai B yang diterima Pemkot Manado dari pemerintah pusat ini merupakan yang kali ketiga diterima.

Sebelumya pada tahun 2013 dan 2014 Pemkot Manado juga meraih prestasi yang sama.

“Dengan berbenah di tahun 2016, bukan tidak mungkin hasil di tahun depan lebih baik dibanding yang kita harapkan, yakni nilai BB atau A,” harap Pj Walikota Manado Royke Roring.

Penulis: Advertorial
Editor: Advertorial
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2926 articles 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2018
Atas