Cegah DBD, Dinas Kesehatan Kota Manado Imbau Warga Lakukan 3M

Jumat, 5 Februari 2016 11:52 WITA
Cegah DBD, Dinas Kesehatan Kota Manado Imbau Warga Lakukan 3M
ISTIMEWA
Ilustrasi Demam Berdarah Dengue (DBD) 

BAGHUMASPRO – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang menyerang beberapa wilayah Indonesia pada awal tahun 2016 membuat banyak pihak waspada.

Tak  terkecuali pihak yang waspada itu Dinas Kesehatan Kota Manado. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado Robby Motoh, pihaknya telah menghimbau warga melaksanakan beberapa cara agar virus DBD tidak menyebar cepat.

Satu cara yang mesti dilakukan warga, imbau Robby, adalah 3M: Menguras, Menutup, dan Mengubur.

Menguras artinya membersihkan tempat penampungan air secara rutin.

“Minimal jika air di bak mandi atau kolam sudah mulai keruh, itu perlu dibersihkan. Sebab berpotensi menambah kembang biak nyamuk Aedes Aegypti,” sebut Robby.

Selain itu, langkah yang perlu dilakukan adalah menutup tempat penampungan air secara rapat. Khususnya tempat penampungan air yang menjadi konsumsi sehari-hari.

Menurut Robby, pada umumnya tampungan air di daerah pedesaan jarang dikuras dan ditutup rapat karena kondisinya tidak memungkinkan.

“Jangankan dikuras, air berkurang saja harus segera diisi kembali karena merupakan tempat cadangan air untuk keperluan sehari-hari,” ujar Robby.

Oleh karena itu, Robby menyarankan tempat penampungan air harus selalu ditutup. Itu dilakukan biar telur nyamuk Aedes Aegypti tidak berkembang biak.

“Nyamuk Aedes Aegypti sangat menyukai air yang bening,” tandas Robby.

Sementara langkah ketiga yang perlu dilakukan adalah mengubur barang-barang bekas yang memungkinkan tercipta genangan air.

Barang bekas itu, ungkap Robby, bisa berupa botol, kaleng cat, atau plastik.

Kasus DBD di Kota Manado sendiri tercatat 48 kasus sepanjang Januari 2016. Sementara pada bulan Februari 2016 terdapat 12 kasus.

Jika dibandingkan tahun 2015 di periode yang sama, frekuensi DBD tercatat menurun.

“Di tahun 2015, yang meninggal akibat DBD mencapai 6 kasus,” tukas Robby.

Selain menghimbau warga melakukan 3M, Pemkot Manado melalui Dinas Kesehatan juga telah melakukan fogging di 20 titik di Kota Manado agar penyebaran DBD dapat terus ditekan dan warga senantiasa sehat.

Penulis: Advertorial
Editor: Advertorial
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2919 articles 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2018
Atas