Dinas Perhubungan Kota Manado Upayakan Angkot Kembali Bergairah

Rabu, 27 Januari 2016 13:11 WITA
Dinas Perhubungan Kota Manado Upayakan Angkot Kembali Bergairah
TRIBUNMANADO GRAFIS/YUDIAWAN NUGRAHA
Ilustrasi Angkutan Kota Manado 

BAGHUMASPRODinas Perhubungan Kota Manado mengupayakan Angkutan Kota (Angkot) kembali beroperasi secara bergairah. Hal itu sehubungan dengan maraknya peredaran taksi gelap yang membuat penurunan jam operasi angkot menurun.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Manado Vecky Koagow, saat ini sudah terjadi penurunan sebesar 70 persen dari sisi jumlah kendaraan yang beroperasi.

“Tentunya hal ini merugikan kami sebagai pihak pengelola terminal. Jika terus seperti ini, angkot dan terminal akan berakhir sebagai kenangan sepanjang masa,” ujar Vecky.

Sebagai tindak lanjut, ia pun menginginkan taksi gelap yang menjadi sumber masalah menggunakan plat kuning dalam operasi serta membayar biaya retribusi yang ditetapkan. Sehingga, jumlah angkot yang beroperasi dan trayeknya tidak kena imbas.

“Bayangkan saja, taksi gelap melakukan sistem antar jemput. Bahkan, kalau bisa langsung antar sampai ke kamar, mereka lakukan. Jelas kami kecewa. Jumlah penumpang turun drastis dan mereka penyebabnya,” ungkap Kadishub pada Tribun Manado, Kamis (21/1/2016).

Saat ini, menurut Kadishub, keberadaan taksi gelap memang cukup banyak. Mereka sering merebut penumpang mulai dari kawasan Malalayang sampai Paal Dua.

Saat ini Kadishub mengakui, trayek angkot sudah banyak yang mulai ditinggalkan. Hal itu terjadi karena para supir banting setir menjalani profesi lain karena angkutannya tidak banyak penumpang.

“Selain itu, banyak angkot tidak masuk terminal karena menghindari retribusi angkutan. Kami juga sering berupaya agar mereka masuk terminal. Tapi, sayang sekali itu terus saja terjadi. Bahkan mereka memilih berhenti beroperasi,” jelas Kadishub.

Penulis: Advertorial
Editor: Advertorial
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2889 articles 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2020
Atas