Arti Kelurahan Sumompo

Rabu, 23 Desember 2015 11:47 WITA
Arti Kelurahan Sumompo
Pemkot Manado

BAGHUMASPRO - Nama Sumompo tidak begitu populer. Maksudnya tidak popular di telinga orang luar kota Manado. Namun bagi masyarakat Manado, nama Sumompo hampir tiap hari disebut. Keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan Lembaga Pemasyarakatan di Sumompo membuat namanya selalu disebut.

Sumompo adalah kelurahan yang terletak di pinggiran kota Manado. Merupakan wilayah kecamatan Tuminting. Terletak di wilayah perbatasan kota Manado dan desa Wori-kabupaten Minahasa Utara.

Setiap nama pasti memiliki arti. Demikian halnya dengan kelurahan Sumompo. Nama Sumompo telah beberapa kali mengalami perubahan. Pengaruh dialek dan pelafalan menjadi penyebabnya, sehingga tidak mengherankan jika banyak orang salah mengartikannya, bahkan orang Sumompo sendiri ada yang tidak tahu artinya.

Sumompo berasal dari kata humompong (bahasa Bantik), yang artinya duduk beristirahat. Dikisahkan bahwa pada zaman dulu, kelurahan Sumompo merupakan tempat persinggahan para pedagang dari desa Wori, Bengkol dan Pandu. Karena kelelahan berjalan kaki, mereka singgah dan duduk beristirahat di tempat yang sekarang dikenal dengan nama Sumompo.

Menurut Jusuf Therok, umur 48 tahun, penutur bahasa Bantik, nama awal Sumompo adalah humompong. Namun karena pengaruh dialek, kata humompong berubah menjadi sumompong; kemudian kata sumompong berubah menjadi Sumompo hingga saat ini.

Penulis: Humas Pemkot Manado
Editor: Advertorial
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2793 articles 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2020
Atas