Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Baik, Manado Dijadikan Contoh oleh Bandung

Selasa, 17 November 2015 17:05 WITA
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Baik, Manado Dijadikan Contoh oleh Bandung
TRIBUN MANADO / FELIX TENDEKEN

BAGHUMASPRO – Warga Kota Manado pantas berbahagia beberapa waktu terakhir. Pasalnya, kinerja Pemerintah Kota Manado yang menaungi mereka selama ini mendapat apresiasi dari daerah lain di Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, apresiasi itu datang dari kota besar, yakni Bandung. Ibukota Provinsi Jawa Barat tersebut memuji Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip) Pemkot Manado yang telah berjalan sejauh ini.

Apresiasi tersebut mengemuka dalam kunjungan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung ke kantor Dinas Ketenagakerjaan Kota Manado, Senin (16/11/2015) lalu. Dalam kunjungan tersebut, Kepala Disnaker Manado Ato Bulo mengatakan, Manado menjadi kota percontohan bagi Bandung dalam hal Lakip.

Sejauh ini Lakip Kota Manado memang telah memiliki nilai B. Satu nilai yang cukup besar dibanding kota-kota lain di Indonesia. Bandung sendiri baru memiliki nilai C. Oleh karena itu, tidak heran jika Bandung menjadikan Manado sebagai percontohan.

Kunjungan kerja itu sendiri, menurut Ato Bulo, merupakan studi kooperatif yang memuat pembelajaran dan perbandingan keberhasilan Lakip masing-masing kota.

“Kita wajib bersyukur dengan nilai yang kita dapat. Untuk menyusun Lakip, dibentuk Rensa dari dinas terkait dan mengacu pada visi-misi Walikota yang terpilih,” ujar Ato pada Tribun Manado, Senin (16/11/2015).

Sementara itu Wakil Kepala Disnaker Kota Bandung Asis Rahman mengatakan, Manado memiliki tingkat penilaian yang tinggi. Itu dapat menjadi acuan pada Kota Bandung. Dengan adanya pertukaran pengalaman yang terjadi dalam pertemuan ini, harap Asis, penyusunan Lakip di masa mendatang tidak menemui hambatan.

“Kami ingin melihat cara penyusunan dan penerapan Lakip di sini. Kami juga penasaran bagaimana ia berproses dan jalannya seperti apa,” tutur Asis dalam kesempatan yang sama.

Di sisi lain, Asis juga mengungkapkan harapannya agar Kota Manado dan Bandung bisa sama-sama meraih nilai A dalam hal Lakip di masa mendatang.

Penulis: Advertorial
Editor: Advertorial
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2541 articles 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2020
Atas