Tak Beda dengan Rio de Janeiro, Manado pun Memiliki Patung Yesus Memberkati

Senin, 25 Mei 2015 14:27 WITA
Tak Beda dengan Rio de Janeiro, Manado pun Memiliki Patung Yesus Memberkati
DANNY PERNAMA / TRIBUNNEWS.COM
Patung Yesus Memberkati yang menjadi satu di antara ikon Kota Manado. Patung tersebut terletak di kawasan Ring Road, Manado, Sulawesi Utara. 

MANADO – Tak beda dengan Rio de Janeiro yang terletak di Brasil, Kota Manado memiliki Monumen Patung Yesus Memberkati yang menjadi ikon sekaligus objek favorit wisatawan.

Terletak di Jalan Ring Road Trans Sulawesi, Citraland, Manado, monumen tersebut memiliki tinggi 30 meter dengan tiang penyangga 20 meter. Terbuat dari 25 ton besi fibre dan 35 ton besi baja, monumen tersebut memiliki keunikan lain yang membedakannya dari patung dan monumen religi biasa.

Keunikan yang membedakan monumen tersebut adalah posisinya yang miring 20 derajat. Kemiringan tersebut membuat patung seolah-olah terlihat melayang dengan posisi tangan yang terangkat.

Posisi tangan terangkat itu sendiri dibuat berdasarkan kisah Alkitab saat Yesus membentangkan tangan dan memberkati murid-muridnya. Dengan posisinya yang persis menghadap Kota Manado, maka patung tersebut seolah sedang memberkati ibu kota Sulawesi Utara tersebut.

Dengan lokasi yang strategis dan bentuk patung yang unik, tak heran monumen itu sering dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar Manado.

Selain itu, di sekitar monumen pun terdapat juga replika Jalan Salib. Sama seperti posisi tangan Yesus yang terangkat, replika Jalan Salib itu dibuat berdasar kisah Alkitab saat Yesus digambarkan sengsara memanggul salib menuju Bukit Golgota.

Replika Jalan Salib itu memiliki 200 anak tangga dengan tinggi 38 meter dan 14 titik pemberhentian. Di setiap pemberhentian, terdapat prasasti yang bercerita tentang kesengsaraan Tuhan Yesus sebelum meninggal di kayu salib.

Akibat jumlah anak tangga yang banyak dan tinggi yang mencapai puluhan meter, Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat Jalan Salib di monumen itu sebagai Jalan Salib paling terjal yang terdapat di Indonesia.

Sejak diresmikan pada 2007 lalu, Monumen Patung Yesus Memberkati sering disebut sebagai salah satu patung Yesus tertinggi di dunia yang terkenal. Jika dibandingkan dengan Patung Yesus Kristus Sang Penebus yang terletak di Rio de Janiero, Brasil, selisih tingginya hanya 8 meter.

Konon, pembuatan monumen itu sendiri menghabiskan dana lebih dari 5 miliar Rupiah.

Penulis: Advertorial
Editor: Advertorial
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1272 articles 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2020
Atas