GS Vicky Lumentut, Wali Kota yang Pernah Menjadi Guru Sekolah Minggu

Selasa, 7 April 2015 10:49 WITA
GS Vicky Lumentut, Wali Kota yang Pernah Menjadi Guru Sekolah Minggu
Tribun Manado
Wali Kota Manado, Dr GS Vicky Lumentut 

MANADO, BAGHUMASPRO - Ada peristiwa yang membekas dalam diri pemimpin Manado, GS Vicky Lumentut saat merayakan Paskah. Wali Kota tersebut mengungkapkannya pada Tribun Manado yang mewawancarainya pada Rabu (1/4) lalu.

Apa arti Paskah bagi Pak Vicky?
Paskah merupakan rangkaian penyelamatan manusia yang dilakukan oleh Tuhan Yesus Kristus. Mulai dari kematian-Nya yang kita rayakan dalam perayaan Jumat Agung, hingga kebangkitan- Nya yang kita kenal sebagai hari Paskah. Bagi saya, Paskah adalah hari di mana dosa kita umat manusia telah ditebus dan diselamatkan, yang hanya bisa dilakukan oleh Tuhan Yesus Kristus sebagai Juru Selamat.

Makna apa saja yang bisa dipetik dalam perayaan Paskah?
Paskah memberikan makna kebangkitan Yesus membuktikan Ia adalah Allah yang berkuasa atas maut. Dan juga Paskah menunjukkan adanya pengharapan bagi orang percaya kepada-Nya. Paskah telah mengubah sejarah kehidupan umat manusia. Lebih lagi semua orang yang percaya kepada Yesus, Paskah menjadi tonggak sejarah kehidupan iman kita. Kita memercayai bukan Allah yang mati, tetapi Allah yang benar-benar hidup dan kita kenal di dalam nama Yesus Kristus.

Apa pendapat Pak Vicky melihat perayaan Paskah yang dilakukan umat Kristen, khususnya di Manado?
Saya melihat perayaan Paskah semakin lama sudah dikemas dalam perayaan yang berbeda tiap tahunnya. Sekarang sudah banyak pernak-pernik Paskah, menghias gereja dengan ornamen Paskah, hingga tema dalam perayaan Paskah sendiri. Ini membuktikan perayaan Paskah juga memberikan kesan tersendiri bagi para hamba Tuhan dengan mengemas perayaan Paskah, namun tidak meninggalkan makna dan pesan yang ada di dalam perayaan Paskah itu sendiri.

Dibandingkan dengan saat Pak Vicky kecil, apa perbedaan dengan perayaan sekarang?
Tentu ada perbedaan. Di waktu saya kecil, saat Minggu pagi saya sudah bersiap ke Gereja untuk beribadah. Selesai ibadah berkunjung ke rumah keluarga. Tapi sekarang perayaan Paskah bagi anak-anak juga sudah ada perubahan, seperti membuat dan menghias telur Paskah. Di zaman saya kecil dulu tidak ada seperti ini. Jadi, dalam perayaan Paskah kita juga bisa mengajarkan kreativitas maupun nilai-nilai pelajaran lainnya kepada anak-anak agar bisa lebih mengenal apa itu Paskah.

Dalam merayakan Paskah, adakah hal yang paling berkesan bagi Pak Vicky?
Mungkin hal yang paling berkesan adalah saat menjadi guru Sekolah Minggu, dan bersama anak-anak jemaat GMIM Perak Sorong membuat telur Paskah dan hiasan Paskah lainnya di dalam Gereja. Karena semasa kecil tidak pernah membuat dan menghias telur Paskah, kenangan itu tidak akan pernah terlupakan sampai kapanpun.

Di dalam keluarga Pak Vicky sendiri, adakah persiapan khusus dalam menyambut Paskah?
Tidak ada persiapan khusus. Mungkin hanya persiapan ibadah Jumat Agung dan Paskah pada hari Minggu di Gereja. Karena, Paskah bukan berarti kita harus merayakannya dengan berbagai aktivitas, namun bagaimana kita menghayati pengorbanan Yesus Kristus yang menebus dan memberikan keselamatan kepada kita umat manusia, sehingga kita boleh peroleh hidup yang kekal dan damai di surga.

Harapan Pak Vicky sebagai umat Kristiani dan sebagai Wali Kota kepada masyarakat Manado?
Mari kita terapkan ajaran Yesus Kristus dalam kehidupan kita sehari-hari. Ajaran dan kehidupan Yesus hingga mati dan bangkit naik ke surga kita jadikan pedoman hidup untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Dan saya sebagai Wali Kota Manado berharap, dengan perayaan Paskah ini kerukunan antarumat beragama di Manado bisa semakin erat, demi mewujudkan Manado yang lebih baik dan selalu dalam lindungan dan kasih karunia Tuhan. (Tribun Manado/cya)

Editor: Humas Pemkot Manado
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
757 articles 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2020
Atas